Hari ini disekolah kami heboh dan rame banget. Iya lah, soalnya hari ini adalah Hari Guru! Banyak banget kegiatan dan acara-acara yang diselenggarakan di sekolah kami hari ini. Sayang hari ini agak mendung, bahkan sempet hujan. Jadinya acaranya agak kepotong-potong gitu.

Jadi, acara paling pertama yang dilakukan adalah, apalagi kalo bukan upacara. Upacaranya keliatannya biasa-biasa aja. Tapi sebenernya agak beda. Soalnya, para anggota paduan suara upacaranya pake ulos gitu. Terus paduan suaranya juga pake latar belakang musik drumband. Ada pianika, bas, pokoknya alat2 musik drumband deh! Aku nggak tau nama-namanya. Terus guru-guru yang biasanya baris di atas balkon sekolah, sekarang pada baris di lapangan, di depan pemimpin upacara. Semua guru ikut baris.

Nah, waktu perwakilan murid-murid dari setiap kelas mau memberi bunga kepada guru-guru, kami semua menyanyikan lagu “Hymne Guru”. Nggak cuma sekali, kami menyanyikan lagu itu sekitar enam kali, sampe semua guru kebagian bunga dan bersalaman. Gila, gempor banget mulutku. Terus akhirnya, setelah selesai upacara, kami bubar dan salah satu anggota OSIS membuka acara kegiatan dan hiburan.

Karena banyak banget penonton yang mengelilingi, akhirnya aku nggak bisa ngeliat penampilan-penampilan dari anak kelas tiga yang tampil. Akhirnya aku ke kelas. Terus di kelas, si Enjel nanya, “Hanna, bawa hp nya kau?” terus aku jawab “Iya”. Dia pun minta pinjem hp-ku. Terus aku pinjemin. Aku nggak tau gimana ceritanya, satu kelas langsung pada foto-foto pake hp-ku. Gila, anak-anak pangururan narsis-narsis juga, begitu pikirku. Kan temenku ada yang bawa ulos, terus mereka pada gantian pake ulos sambil difoto. Anak-anak cowok juga nggak kalah narsis, pada bikin gaya metal pake tangan mereka. Ya ampun deh. Anak-anak 2E juga jadi ikut-ikutan foto-foto. Hah, jadi deh, hp-ku penuh sama foto2 mereka. Lucu-lucu banget fotonya. Kapan-kapan aku tunjukin ya!

Acara Hari Guru yang sempet aku liat adalah drama yang ditampilkan oleh kelas 2 unggulan. Judulnya, “Maafkan Kami Guru”. Inti ceritanya sih tentang murid-murid nakal yang akhirnya minta maaf sama guru mereka karena sering bikin gurunya marah. Lucu juga sih, lumayan kreatif.

Pokoknya hari ini seru banget. Di sekolah cuma main-main doang. Seandainya setiap hari adalah Hari Guru.

Buat semua Guru di Indonesia, selamat hari guru!

