Hari ini cuaca berganti-ganti di pangururan. Waktu pagi tadi, cuacanya dingin dan mendung, waktu jam sembilan, panas banget, gerah. Tapi waktu jam setengah satu, malah mendung lagi. Nah sekarang udah jam setengah tiga, mataharinya terik banget. Gak jelas deh cuacanya.

Entah kenapa, dua minggu ini aku sering banget mengucapkan kata “do..”. Bingung ya? Nggak papa kalo bingung. “Do” itu sebuah kata seru. Di ucapkan kalo kita sedang menyesali sesuatu. Kalo bahasa indonesianya mungkin “yah..” Begitulah. Yang mengajarkan kata itu sama aku tuh si Murni. Ya, lagi-lagi murni.

Setiap ada yang bikin bete, aku bilang “do..”. Setiap ada yang bikin aku terganggu, aku bilang “do..”. Makin lama aku makin ngawur. Kalo aku lagi seneng, aku bilang “do..”. Kalo aku menyapa temen aku, aku bilang “do..”. Pokoknya semua serba “do..”. Kalo murni denger aku mengatakan “do” nggak pada tempatnya, biasanya dia langsung ambil tindakan.

“Hanna, gimananya kau? Masa bilang “do..” nggak pada tempatnya begitu!”

“Emangnya kalo mau ngomong “do” dalam keadaan gimana? Ajarin aku lah, murni!”

Murni berpikir lama. Terkadang mengeluarkan dengungan “Emm..”-nya dengan pelan. Terus mendecapkan mulutnya. Terus ngetok-ngetok meja. Buset lama banget deh. “Gimana menjelaskannya ya..?” begitu katanya. Setelah waktu yang cukup panjang, akhirnya dia ber-“oh!”. Dia sudah bisa menjelaskannya, mungkin.

“Begini han, kalo kita bilang “do..” itu waktu…duh..emm..pake contoh aja ya..aku ngerti bagaimana, cuma susah menjelaskannya..”

“Ya udah, cepetan”

“Nih, misalnya kalo kita sedang mencatat tulisan di papan tulis, terus ada yang menghapus tulisan di papan tulis itu, nah kita bilang ‘Do…unang jo!’ Begitu”

Kalo dari contoh ini sih, aku sudah bisa mengerti. Seperti yang aku bilang di atas, “Do” diucapkan waktu kita menyesali sesuatu yg terjadi. Sebenernya aku udah ngerti, cuma emang aku-nya aja yang nggak normal. Memakai kata itu pada setiap keadaan.

“Oh, iya-iya aku ngerti” begitu kataku sama Murni.

“Akhirnya ngerti juga kau” kata Murni dengan nada sok pinter.

nb : hohoho, buat sekedar pengumuman, english day bakal diaktifkan sebentar lagi di sekolahku. kira kira dua minggu lagi. nggak sabar deh aku. soalnya, murni pasti bakal diem seharian waktu english day. hahaha.. oh ya, kira-kira sebulan (apa dua bulan ya?) lagi aku mau ujian nih. teman-teman pembaca, doa-kan aku supaya dapet nilai bagus ya! syukur-syukur masuk kelas unggulan. amien!

Advertisements