Karena mau ada english day, guru bahasa inggris ku lagi gencar2nya ngajarin gimana cara bertanya dengan benar dlm bahasa inggris. Nah, hari ini ada pelajaran bhs inggris, bu guru bikin tugas gini: “coba siapkan dua pertanyaan yg akan kamu ajukan untuk teman sebangkumu, pertanyaan tidak boleh sama dgn teman yg lain”

Temen2ku yg budiman langsung sibuk buka2 kamus dan buku catatan. Tapi ada cara yg lebih gampang. Apa? Nanya ke Hanna Helena sang Bidadari (si murni chairmate-ku nih, yg suka manggil aku bidadari). Yah, jadilah aku sibuk menjawab pertanyaan2 yg anak tumble tots pun bisa jawab. Apa artinya ‘what’? Gimana bhs inggris ‘dimana kamu tinggal’?

Aku sendiri udah nyiapin dua pertanyaan sederhana yg langsung muncul di pikiranku, ‘how is your vocation?’ sama ‘what is your family name?’.

Yg pertama di-test tuh si dinda. Dinda nanya ke nova. Gitu seterusnya. Kalo ada pertanyaan2 yg pattern-nya salah, bakal di bahas sama gurunya. Banyak pertanyaan2 ajaib yg muncul, kyk ‘what do you hobby?’ atau ‘what clock do you go to sleep?’. Sangat memprihatinkan. Sungguh.

Akhirnya murni, chairmate-ku, dapet giliran untuk nanyain aku. Pertanyaannya, ‘do you like avocado?’ sama ‘do you have family name?’. Waktu giliranku, aku tanya sama dia ‘how is your vocation?’. Dia senyum. Senyuman yg seakan berbisik ‘memang licik kau hanna’. Setelah berabad2 keheningan, murni berbisik, ‘no good’. Bisikan itu disambut dengan teriakan dari bu guru ‘it’s NOT good’. Then, aku nanya ‘what is ur family name?’. Yang ini bisa dia jawab dengan penuh ke-pd-an, ‘my family name is sihombing’. Karna sebelumya udah ku ajarin. Dasar murni.

Setelah aku dan murni, giliran wandi dan kris yg duduk di depan aku. Pertanyaan wandi lumayan. Pertanyaan kris juga, tapi ada yg kocak. Waktu wandi selesai jawab prtanyaan kris yg pertama, kris kan ngasih prtanyaan yg kedua. You know what is the question? ‘how are you?’!! Wandi sambil cengengesan jawab, ‘i’m fine, thank you’. Sebagai hadiah karna pertanyaan yg sangat bagus, bu guru ngasih sebuah jitakan buat kris.

Nah, yg selanjutnya, temen2 pada bagus2 pertanyaan dan jawabannya. Kenapa? Karna udah aku ajarin waktu istirahat.

Yah, begitulah sedikit gambaran ttg bhs inggris nak2 smp 1 yg aku sebut ‘ancur’. How do you think?

