Hari ni hari rabu, berarti sekarang ONAN!! Wait, wait. Apa sih sebenernya onan itu?

Onan tuh artinya pasar. Jadi, hari onan berarti hari pasar. Kadang kadang, hari onan disebut juga hari pajak. Yah, di pangururan memang pasar cuma ada pada satu hari aja yaitu hari rabu. Kegiatan pasar dimulai dari kira2 jam tujuh pagi. Waktu onan ini, semua pedagang turun ke jalan. Jalan? Yes. Jalan raya dipake juga buat jualan, makanya jalanan jadi super crowded. Mulai dari sayur, buah, ikan, daging, sepatu, tas, baju, semuanya ada. Tapi sayang, semua pedagang bercampur, ga ada kompleks2nya. Jadi pedagang ikan bisa nyampur sama pedagang buah.

Hari onan tuh jadi hari yg melelahkan buat warga pangururan dan sekitarnya, esp buat anak sekolah yang pulang ke rumah harus naik angkot, becak, atau bis. Kenapa? Kalo hari onan tuh, semua angkutan pada buang muka sama anak skolah. Mereka cuma pengen nganterin orang2 yang mau ke onanbaru (nama daerah tempat onan digelar) atau yang baru pulang dari onan. Pernyataan ini paling pas buat becak. Makanya, aku yg stiap pulang sekolah pasti naik becak, harus jalan dari sekolah sampe onanbaru supaya bisa pulang naik…bis. Bukannya becak? Yah, ga ada becak yg mau! Cuma bis lah satu2nya kndaraan buat anak2 sekolah untuk pulang. Jalan dari sekolah ke onanbaru tuh capek bgt, apalagi kalo matahari lagi terik. Mo pngsan rasanya.

Kayaknya onan nyebelin ya? Padahal hari onan tuh hari yg ditunggu2 sama anak2 sekolah. Soalnya, kalo onan, bonyok mereka tuh pada ke onanbaru dan otomatis mereka bisa bebas dari tugas2 harian yg bonyok mereka suruh. Tugas harian like what? Kayak cuci baju, cuci piring, atau ngasih makan ayam. Yah intinya, they can play as long as they want till their parents come home. Yang kyk gini sih ga berlaku sama aku, orang mama kerja di kantor, bapak juga di rumah (pensiun gitu). There’s no free day for me. Nasib.

Ada sisi baik dari onan ini. Karena onan tuh termasuk kategori ‘menarik’ dan ‘beda’ bagi wisatawan asing, kadang2 di onanbaru jadi banyak turis2 asing! Bisa lihat sisi baiknya dimana kan? Cogan dari eropa..heem..hahahaha… Aku aja pernah satu becak sama turis perancis (sayang, cewe). Waktu dia liat danau toba, dia langsung nunjuk2 danau toba dengan ekspresi kagum sambil nyerocos dalam bahasa perancis sama temennya. Wah, seneng deh ngeliatnya.

Capek..! Udah dulu ya, mo take a nap sebentar. Huaaheem..

Advertisements